Senin, 26 Desember 2016

ARTIKEL MASALAH GENDER



ARTIKEL
MASALAH GENDER

GENDER
Gender adalah suatu sifat yang melekat pada kaum laki-laki maupun perempuan yang dikontruksi secara sosial maupun kultural, misalnya perempuan dikenal lemah-lembut, emosional, keibuan; laki-laki rasional, kuat, jantan, perkasa (Fakih, 1996: 8). Gender adalah hasil kontruksi budaya yang diciptakan oleh manusia, yang sifatnya tidak tetap, berubah dari waktu ke waktu, serta dapat dialihkan dan dipertukarkan menurut waktu, tempat, dan budaya setempat dari satu jenis kelamin lainnya (KPP: 2008). Dalam masyarakat tradisional-patriarkhi (yaitu masyarakat yang selalu memposisikan laki-laki lebih tinggi kedudukan dan perannya dari perempuan) kita dapat melihat dengan jelas adanya pemisahan yang tajam bukan hanya pada peran Gender tetapi juga pada sifat Gender. Misalnya, laki-laki dituntut untuk bersifat pemberani dan gagah perkasa sedangkan perempuan harus bersifat lemah lembut dan penurut. Padahal, laki-laki maupun perempuan adalah manusia biasa, yang mempunyai  sifat-sifat tertentu yang dibawanya sejak lahir. Sifat lemah lembut, perasa, pemberani, penakut, tegas, pemalu dan lain sebagainya, bisa ada pada diri siapapun, tidak peduli apakah dia perempuan atau laki-laki. Sayangnya, konstruksi sosial di masyarakat merubah pandangan ‘netral’ pada sifat Gender tersebut.
Pada kenyataannya gender timbul dari adanya perbedaan spikologis yang diciptakan oleh masyarakat, bukan bawaan lahir tapi dari lingkungan, keluarga dll, tergantung dari sudut pandang yang diciptakan oleh masyarakat itu sendiri.
Konsep gender dalam kehidupan masyarakat Indonesia
- Lingkungan keluarga
Posisi perempuan dalam keluarga pada umumnya dan di masyarakat Indonesia pada khususnya, masihlah berada di bawah laki – laki. Seperti kasus istri yang bekerja di luar rumah harus mendapat persetujuan dari suami, namun pada umumnya meskipun istri bekerja, haruslah tidak boleh memiliki  penghasilan dan posisi lebih tinggi dari suaminya. Meskipun perempuan sudah bekerja di luar rumah, mereka juga harus memperhitungkan segala kegiatan yang ada di rumah, mulai dari memasak hingga mengurus anak.
- Lingkungan pendidikan
Di bidang pendidikan, perempuan menjadi pilihan terakhir untuk mendapatkan akses. Oleh karena itu, tingkat buta huruf tertinggi di Indonesia juga masih didominasi oleh kaum perempuan (kompas, 29 Juli 2010).
- Lingkungan pekerjaan
Perempuan yang memiliki akses pendidikan yang tinggi pada umumnya bisa mendapatkan pekerjaan yang layak. namun, pemilihan pekerjaan tersebut masih berbasis gender. Perempuan dianggap kaum yang lemah, pasif dan dependen. Pekerjaan seputar bidang pelayanan jasa seperti bidang administrasi, perawat, atau pelayan toko dan pekerjaan dengan sedikit ketrampilan seperti pegawai administrasi dan hanya sedikit saja yang menduduki jabatan manajer atau pengambil keputusan (Abbott dan Sapsford, 1987).
Gender tercipta melalui proses sosial budaya yang panjang dalam suatu lingkup masyarakat tertentu, sehingga dapat berbeda dari satu tempat ke tempat lainnya. Misalnya, laki-laki yang memakai tato di badan dianggap hebat oleh masyarakat dayak, tetapi di lingkungan komunitas lain seperti Yahudi misalnya, hal tersebut merupakan hal yang tidak dapat diterima.
Menurut pendapat saya sendiri permasalahan gender mengacu pada sekumpulan ciri-ciri khas yang berkaitan dengan jenis kelamin individu, bawaan dari lahir dan diarahkan pada peran sosial atau identitasnya dalam masyarakat. konsep gender bukan hanya mengacu pada jenis kelamin semata tetapi gender juga dapat dikaitkan dengan orientasi seksual, seseorang yang merasa identitas gendernya tidak sejalan dengan jenis kelaminnya dapat menyebut dirinya sebagai transgender, seperti dalam kasus waria atau banci. Dalam konsep gender, yang dikenal adalah peran gender individu di masyarakat, Peran gender (gender role) adalah peran yang dikerjakan oleh laki-laki dan perempuan dalam suatu masyarakat tertentu yang diakibatkan adanya perbedaan gender. Sehingga orang mengenal maskulinitas dan femininitas. Sebenarnya feminin sendiri tidak merasa terganggu dengan dirinya sendiri, karena dia bisa menjalankan hidup seperti layaknya manusia-manusia lain pada umumnya dengan dia menikah dan memiliki keluarga, akan tetapi disini yang menjadi permasalahannya yaitu ketidaksesuaian harapan masyarakat yang menganggap dia berbeda, hal inilah yang menjadi pertanyaan masyarakat kenapa sih dia kayak gitu?.
Sebenarnya awal mula femininitas di Indonesia yaitu mengacu kepada untuk mewujudkan emansiapasi wanita, yang mana dia berubah akan tetapi sebenarnya masih tetap sama sehingga berakibat pada adanya beban ganda misalnya beban pekerjaan yang diterima salah satu jenis kelamin lebih banyak dibandingkan jenis kelamin lainnya. Contoh : sebagai  seorang perempuan yang bekerja sebagai pencari nafkah tambahan, sebagai seorang istri dia juga harus mengurus kehidupan rumah tangganya. Seorang perempuan tersebut mempunyai beban yang berlipat ganda. Dan contoh dari emansipasi wanita  lainnya yaitu wanita ikut serta dalam kegiatan organisasi kemudian dia menjadi salah satu panitia dalam organisasi tersebut, tetapi dalam hal pekerjaan yang berat misalnya menggotong kursi dan hal berat lainnyadalam hal ini pasti yang harus turun tangan biasanya cenderung laki-laki sedangkan dalam hal masak-memasak dipercayakan kepada kaum wanita karena dianggap lebih pantas.
Kemudian dari adanya peran gender ini dapat menimbulkan (1) ketimpangan gender yaitu kondisi dimana terdapat ketidaksetaraan antara laki-laki dan perempuan dalam kehidupan keluarga, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Penanganan ketimpangan dapat dilakukan dengan memberikan penyuluhan terhadap penduduk secara langsung disesuaikan dengan wilayah ditiap kabupaten atau kota di suatu daerah. Pembentukaan wilayah penyuluhan dapat di lakukan dengan membentuk wilayah konsentrasi berdasarkan beberapa variabel yang mempengaruhi ketimpangan. Dalam melakukan pembentukan wilayah konsentrasi berdasarkan kesamaan karakteristik dari variable-variabel yang mempengaruhi ketimpangan ditiap kabupaten atau kota di suatu daerah. Salah satu metode statistika multivariat tersebut adalah analisis klaster. (2) sikap stereotip yaitu pemberian citra atau label kepada seseorang atau kelompok yang didasarkan pada anggapan yang salah. Pelabelan menunjukkan adanya relasi kekuasaan yang tidak seimbang yang bertujuan untuk menaklukan atau menguasai pihak lain. Contoh : masyarakat cenderung menganggap yang lemah adalah perempuan, karena perempuan tidak bisa mengambil keputusan secara rasional akan tetapi berdasarkan naluri atau hati nuraninya saja.
          Berdasarkan pada wujud adanya emansipasi wanita sehingga menimbulkan harapan adanya keadilan gender yaitu suatu kondisi dimana laki-laki dan perempuan memperoleh keadilan dalam hak dan kewajiban masing-masing.
Maka dari itu kesetaraan gender berperan penting dalam mengatasi masalah-masalah yang terjadi mengenai tentang ketidakadilan gender. Kesetaraan gender adalah kesamaan kondisi bagi laki-laki dan perempuan untuk memperoleh kesempatan dan hak-haknya sebagai manusia, agar mampu berperan dan berpartisipasi dalam kegiatan politik, ekonomi, sosial, budaya pertahanan dan keamanan nasional, dan kesamaan dalam menikmati hasil pembangunan. Di dalam kesetaraan gender justru wanita lebih tinggi haknya karena mempunyai fungsi reproduksi yang tidak bisa dimiliki oleh kaum laki-laki, karena itulah jika seorang wanita hamil maka dia berhak untu mendapatkan hak cuti melahirkan, melihat sejenak di negara maju wanita yang sedang hamil berhak mendapatkan hak cuti selama 9 bulan, sedangkan laki-laki 5 bulan. Berbeda halnya dengan Indonesia yang hanya mendapatkan hak cuti nya sementara saja, jika dia tidak bekerja maka tidak di gaji.
Upaya mewujudkan Kesetaraan dan Keadilan Gender (KKG), di Indonesia dituangkan dalam kebijakan nasional sebagaimana ditetapkan dalam Garis-Garis Besar Haluan Negara (GBHN) 1999, UU No. 25 th. 2000 tentang Program Pembangunan Nasional-PROPENAS 2000-2004, dan dipertegas dalam Instruksi Presiden No. 9 tahun 2000 tentang Pengarusutamaan Gender (PUG) dalam Pembangunan nasional, sebagai salah satu strategi untuk mewujudkan keadilan dan kesetaraan gender.
Beberapa indikator kondisi perempuan yang memperlihatkan belum terwujudnya kesetaraan dan  keadilan gender antara lain : di bidang pendidikan, 73% dari orang yang buta huruf adalah perempuan, perempuan tamat SLTA dan Universitas lebih rendah dari laki-laki, perempuan drop out sekolah lebih tinggi dari laki-laki; di bidang kesehatan, angka kematian ibu melahirkan masih tinggi (373/100.000 kelahiran hidup tahun 1998) perempuan usia subur yang kekurangan energi kronik 24%, prevalensi anemia ibu hamil 51,9%; di bidang ekonomi, tingkat partisipasi angkatan kerja perempuan lebih rendah dari laki-laki, kredit usaha tani hanya diberikan pada laki-laki, upah perempuan lebih rendah dari laki-laki; di bidang hukum, banyak produk hukum bias gender; di bidang keamanan, banyak perempuan korban tindak kekerasan, di bidang media massa,  perempuan sering dijadikan objek media; dll.
          Gender berubah dari waktu ke waktu karena adanya perkembangan yang mempengaruhi nilai-nilai dan norma-norma masyarakat tersebut maka dari itulah menimbulkan Netral gender, artinya tidak memperhatikan kebutuhan laki-laki dan perempuan berbeda karena keduanya dianggap mempunyai kepentingan yang sama, atau tidak menyebutkan secara eksplisit perempuan atau laki-laki. Hal ini terbukti dari adanya perkembangan nilai dan norma dalam suatu masyarakat contohnya :
  • Di Jawa Barat, sudah ada perempuan yang menjadi kepala desa karena meningkatnya pendidikan.
  • Di Sumba, laki-laki membantu-bantu ‘tugas perempuan’ dirumah tangga
  • Di Indonesia, sekarang sudah banyak mulai perempuan yang menjadi dokter, insinyur, dan pengusaha. (Nikmatus Sholihah,2005 ).
  • Bahkan jika kita menengok masa lalu di Indonesia sendiri sudah ada wanita yang pernah menjabat menjadi Presiden RI yaitu Megawati Soekarno Putri.
          Analisis gender adalah proses yang dibangun secara sistemmatis untuk mengidentifikasi dan memahami pembagian kerja/peran  laki-laki dan perempuan, akses dan control terhadap sumber daya pembangunan, partisipasi dalam proses pembangunan, dan manfaat yang mereka nikmati, pola hubungan antara laki-laki dan perempuan yang timpang, yang di dalam pelaksanaannya memperhatikan faktor-faktor lainnya seperti kelas sosial, ras, dan suku bangsa.
Sehingga dalam upaya mengatasi masalah gender dan pemberdayaan perempuan  antara lain:
a.    Meningkatkan peran perempuan dalam  bidang politik dan pengambilan keputusan
b.    Meningkatkan taraf pendidikan dan kesehatan serta bidang Pembangunan lainnya untuk mempertinggi kualitas hidup dan sumber daya kaum perempuan
c.    Meningkatkan gerakan anti kekerasan terhadap perempuan dan anak
d.   Meningkatkan kesejahteraan dan perlindungan perempuan

1 komentar:


  1. LEGENDAQQ.NET
    Kami Hadirkan Permainan Baru 100% FAIR PLAY Dari Legendaqq.Net. :) 1 ID Untuk 8 Games :
    - Domino99
    - BandarQ
    - Poker
    - AduQ
    - Capsa Susun
    - Bandar Poker
    - Sakong Online
    - Bandar 66

    Nikmati Bonus-Bonus Menarik Yang Bisa Anda Dapatkan Di Situs Kami LegendaQQ.Net. info Situs Resmi, Aman Dan Terpercaya ^^ Keunggulan LegendaQQ.Net :
    - Tingkat Persentase Kemenangan Yang Besar
    - Kartu Anda Akan Lebih Bagus
    - Bonus TurnOver Atau Cashback Di Bagikan Setiap 5 Hari
    - Bonus Referral Dan Extra Refferal Seumur Hidup
    - Minimal Deposit & Withdraw Hanya 20.000,-
    - Tidak Ada Batas Untuk Melakukan Withdraw/Penarikan Dana
    - Pelayanan Yang Ramah Dan Memuaskan
    - Dengan Server Poker-V Yang Besar Beserta Ribuan pemain Di Seluruh Indonesia,
    - LegendaQQ.Net Pasti Selalu Ramai Selama 24 Jam Setiap Harinya.
    - Permainan Menyenangkan Dengan Dilayani Oleh CS cantik, Sopan, Dan Ramah.

    Fasilitas BANK yang di sediakan :
    - BCA
    - Mandiri
    - BNI
    - BRI
    - Danamon

    Tunggu Apa Lagi Guyss..
    Let's Join With Us At LegendaQQ.Net ^^
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami :
    - BBM : 2AE190C9
    - Facebook : LegendaqqPoker

    Link Alternatif :
    - www.legendaqq(dot)net
    - www.legendapelangi(dot)com
    NB : untuk login android / iphone tidak menggunakan www dan spasi ya boss ^_^

    BalasHapus