Minggu, 25 Desember 2016

Beberapa Kegunaan Mempelajari Filsafat



Beberapa Kegunaan Mempelajari Filsafat
a.       Dengan belajar filsafat diharapkan akan menambah ilmu pengetahuan, karena dengan bertambahnya ilmu pengetahuan akan bertambah pula cakrawala pemikiran, cakrawala pandang yang semakin luas. Hal itu dapat membantu menyelesaikan masalah yang selalu kita hadapi dengan cara yang lebih bijaksana.
b.      Dasar semua tindakan adalah ide. Sesungguhnya filsafat di dalamnya memuat ide-ide yang fundamental. Ide-ide itulah yang akan membawa manusia kea rah suatu kemampuan untuk merentang kesadarannya dalam segala tindakannya, sehingga manusia akan dapat lebih hidup, lebih tanggap (peka) terhadap diri dan lingkungannya, lebih sadar terhadap hak dan kewajibannya.
c.       Dengan adanya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi kita semakin ditantang dengan memberikan alternatifnya. Di satu sisi kita berhadapan dengan kemajuan teknologi beserta dampak negatifnya, perubahan sedemikian cepatnya, pergeseran tata nilai, dan akhirnya kita akan semakin jauh dari tata nilai dan moral. Di sisi lainnya, apabila kita tidak mampu menghadapi kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, akhirnya kita akan menjadi manusia “terbelakang”. Untuk itu kita berusaha untuk mengejar kemajuan tersebut dengan segala upaya. Dengan semakin jauhnya kita dengan tata nilai dan moral, akibatnya banyak ilmuan banyak kehilangan bobot kebijaksanaanya. Dengan demikian, apa yang dihasilkan ilmu pengetahuan dan teknologi bersamaan itu pula manusia kehilangan pendirian dan dihantui kebingungan dan keraguan (skeptis). Tinggal menunggu malapetaka datang menghancurkan kehidupan manusia.
            Mengingat hal-hal tersebut di atas, kita sangat memerlukan suatu ilmu yang sifatnya memberikan pengarahan (ilmu pengarahan) atau sence of direction. Dengan ilmu tersebut, manusia akan dibekali suatu kebijaksanaan yang di dalamnya memuat nilai-nilai kehidupan yang sangat diperlukan oleh umat manusia. Hanya ilmu filsafatlah yang dapat diharapkan mampu member manusia suatu integrasi dalam membantu mendekatkan manusia pada nilai-nilai kehidupan untuk mengetahui mana yang pantas kita tolak, mana yang pantas kita setujui, mana yang pantas kita ambil sehingga dapat memberikan makna kehidupan.
            Kegunaan filsafat ini sering muncul bagi para pemula belajar filsafat. Masalah tersebut harus dituntaskan. Selagi masalah tersebut masih berada dalam diri seorang yang sedang belajar filsafat, maka orang tersebut akan selalu mendapatkan keraguan terhadap filsafat. Apakah filsafat bermanfaat bagi saya? Filsafat berguna bagi manusia apabila filsafat memperhatikan kemajuan yang positif bagi kehidupan manusia.

Sumber : Asmoro Achmadi. (2009). Filsafat Umum. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada. Hlm. 18.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar