Minggu, 25 Desember 2016

Materi Pendidikan IPS Secara Global



Materi Pendidikan IPS Secara Global

            Ruang lingkup materi PIPS yang berwawasan global menurut (Gunawan, 2011, hal. 22) diantaranya:
1.   Tentang Kesadaran diri; sebagai Makhluk Tuhan, eksistensi, potensi dan jati diri sebagai warga dari sebuah bangsa yang berbudaya dan bermartabat sederajat dengan bangsa lain di dunia (tidak lebih rendah dari bangsa lain).
2.   Tentang Kecapakan Berpikir, seperti kecapakan; berpikir kritis, menggali informasi, mengolah informasi, mengambil keputusan dan memecahkan masalah.
3.   Tentang Kecapakan Akademik, tentang ilmu-ilmu sosial, seperti kemampuan memahami fakta, konsep, dan generalisasi tentang sistem sosial budaya, lingkungan hidup, perilaku ekonomi dan kesejahteraan, serta tentang waktu dan keberlanjutan perubahan yang terjadi di dunia.
4.   Mengembalikan social skills, dengan maksud upaya pada masa yang akan datang kita tidak hanya menjadi objek penguasaan globalisasi belaka.
          Dari uraian di atas dapat kita pahami bahwa materi pendidikan IPS di masyarakat bertujuan untuk membantu tumbuhnya pola berpikir ilmuan sosial, mengembangkan pengetahuan, pemahaman, kemampuan analisis peserta didik, terhadap kondisi sosial masyarakat dalam rangka membantu tumbuhnya warga negara yang baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar